Trik Mapan dalam 5 Tahun untuk Meski Pendapatan di Bawah 5 Juta!

Oleh: Evelyn Davsy 

Seringkali kita menganggap bahwa untuk mencapai kemapanan, kita perlu memiliki pendapat yang berlimpah. Padahal sebenarnya tidak, lho. Kunci sebenarnya terletak dari bagaimana Anda mengelola keuangan. Li Ka Shing, miliarder asal Hong Kong yang berhasil tercatat sebagai orang terkaya di Forbes pun memiliki tips mengelola yang ampuh. 

Misalnya Anda memiliki pendapatan 4 juta rupiah, maka bagilah pendapatan itu ke dalam 5 porsi, yakni pertama Rp1,5 juta, kedua Rp600ribu, ketiga Rp500ribu, keempat Rp400ribu, dan kelima Rp1 juta.

Porsi pertama: kebutuhan sehari-hari. 

id.pinterest.com

Porsi pertama akan cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda dalam sebulan. Anda harus cerdas dalam membagi pengeluaran tersebut. Dalam sehari, berarti Anda memiliki jatah 50 ribu. Anda bisa menggunakan uang ini untuk makan dan keperluan sehari-hari, serta biaya transportasi. Agar lebih mudah, Anda dapat mempersiapkan makanan dari rumah. Selain untuk menghemat, makanan yang Anda konsumsi pun akan lebih sehat. 

Porsi kedua: kebutuhan sosial dan lingkaran pertemanan. 

crossingts.blogspot.co.id

Berhemat bukan beraarti Anda tak bisa bersosialisasi. Anda bisa menggunakan 200 ribu dari porsi keuda untuk membeli paket data dan kebutuhan pulsa. Anda pun bisa mentraktir teman 8x dengan sisa 400 ribu pada porsi kedua (masing-masing 50ribu). Kriteria teman yang Anda pilih pun harus benar-benar diperhatikan. Apakah ia memiliki pengetahuan, pengalaman, dan koneksi karir yang bagus?

Baca Juga: Ternyata Begini Karakter Orang Sukses Menurut Karyawan Mereka

Porsi ketiga: biaya belajar 

stocksnap.io

Menjadi sukses tentu membutuhkan proses belajar yang terus berjalan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan porsi ketiga untuk membeli buku, mengikuti seminar, dan lain sebagainya. 

Porsi keempat: berlibur 

asia-backpackers.com

Berikan diri Anda penghargaan dengan berlibur. Anda bisa menabung 400 ribu x 12 = 4.800.000 untuk berlibur. Agar lebih hemat, Anda bisa berlibur ala backpacker. Selain itu, liburan ala backpacker juga dapat membantu Anda dapat menambah pengalaman dan membangun koneksi. 

Porsi kelima: investasi 

videoblocks.com

Pastikan bahwa Anda selalu menyisihkan uang untuk menabung, ataupun investasi. Anda bisa memilih investasi kecil-kecilan yang terpercaya, ataupun menggunakan uang ini untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Jika Anda melakukannya dengan disiplin, dalam satu tahun pendapatan Anda pun akan naik 30%, sedangkan di 3-5 tahun mendatang, pendapatan Anda akan naik 70%. 

Jika Anda memiliki pendapatan yang kecil, bukan berarti Anda tidak dapat memiliki keuangan yang mapan, kan? Dengan cara di atas, Anda pun bisa mengelola uang Anda agar uang teralokasi dengan baik. 

Baca Juga: Sempat Bangkrut, Ini Kisah Sukses Bob Sadino yang Nyentrik

Managemen | 05 / 12 / 2017 | 114